Jumat, 25 Juni 2010

Analisis Kebergunaan Web (Web Usability) BeliToyota.com: Bagian 2

Tulisan ini adalah bagian kedua dari tugas akhir Interaksi Manusia-Komputer. Bagian pertama dari tulisan dapat dilihat di sini

Menilai Kebergunaan Suatu Situs

Screenshot BeliToyota.com
Gambar di atas adalah tampilan layar halaman utama salah satu situs web yang ada pada tahun 2010. Nama situsnya adalah BeliToyota.com, seperti yang tertera pada bagian kanan atas halaman ini. Anda dapat membandingkan tampilannya dengan tampilan halaman web dua puluh tahun sebelumnya (lihat Bagian 1). Untuk lebih jelasnya anda dapat mengklik gambar di atas untuk langsung menuju situsnya. Anda dapat melihat adanya gambar-gambar mobil, ada foto orang, bahkan ada animasi logo Toyota di bagian kiri. Hurufnya juga sudah berwarna-warni. Situs ini adalah situs penjualan mobil, khususnya yang bermerek Toyota.
 
Situs ini memberikan informasi penting terutama mengenai harga mobil Toyota yang dijualnya serta keberadaan stok mobil tersebut. Selain itu ada juga informasi tambahan mengenai spesifikasi masing-masing varian mobil.
 
Kembali ke pertanyaan dasar: Apakah situs ini berguna?
 
Menjawab pertanyaan tersebut rasanya agak sulit, karena pertanyaan tersebut memiliki pilihan yang sempit, ya atau tidak. Ini sama dengan menanyakan apakah seseorang itu pintar. Tetapi kita dapat membuatnya lebih mudah dengan sedikit mengubah pertanyaannya agar menjadi sesuatu yang dapat diukur: Seberapa bergunakah situs ini? Dengan ini kita dapat memberikan penilaian tertentu dalam skala tertentu kepada situs tersebut.
 
Ada dua macam penilaian yang dapat dilakukan, yaitu tes dan evaluasi. Tes, sebagaimana ujian akhir pada konteks pembelajaran, adalah penilaian yang dilakukan setelah keseluruhan situs selesai. Sementara evaluasi dapat dibandingkan dengan latihan, karena dilakukan secara berkala pada setiap tahapan pembuatan situs (dan juga setelahnya). Tes melibatkan pengguna secara langsung (biasanya sekitar lima orang) untuk menilai seberapa berguna suatu situs, sementara evaluasi tidak melibatkan pengguna, tetapi memperkirakan apa yang akan terjadi pada pengguna nantinya.
 
Karena saya tidak melibatkan pengguna secara langsung untuk situs ini, saya akan menilainya dengan evaluasi. Salah satu metode evaluasi yang paling populer adalah evaluasi heuristik. Jakob Nielsen bekerjasama dengan Rolf Molich mencoba merumuskan satu set heuristik yang paling sering digunakan dalam antarmuka. Pada tahun 1994 mereka berhasil menyusun sepuluh poin heuristik yang akan saya jabarkan di bawah ini dengan menggarisbawahi butir-butir penting saja. Daftar evaluasi heuristik lengkap dapat dilihat di sini.
 
1. Visibility of system status (Feedback)- Sistem harus selalu menginformasikan pengguna tentang apa yang terjadi, melalui umpan balik yang sesuai dalam waktu yang wajar.
daftar harga
Situs ini menampilkan judul yang berkaitan dengan isi halaman (butir 1.0 ya)
free account
instruksi dan pesan error ada dalam satu tempat (butir 1.4 ya)
price list
Pilihan yang telah dipilih sebelumnya (no. 4) tidak berbeda dengan sebelum dipilih (butir 1.14 tidak)

2. Match between system and the real world (metaphor) - Sistem harus berbicara dalam bahasa pengguna, dengan kata-kata, frase dan konsep yang akrab bagi pengguna, bukan istilah berorientasi sistem. mengikuti konvensi dunia nyata, membuat informasi muncul dalam urutan yang alami dan logis.
BeliToyota.com menggunakan bahasa Indonesia yang cukup baik menurut saya, pilihan menu disusun secara natural (butir 2.3), tidak ada key dengan nama mirip yang mengerjakan perintah yang berlawanan (butir 2.23), dan bahasanya manggunakan jargon pengguna, bukan jargon komputer (butir 2.14)

3. User Control and Freedom (Navigation)- Pengguna harus bebas untuk memilih dan tugas urutan (jika diperlukan), bukan sistem yang memilihkan. Pengguna sering memilih fungsi sistem dengan kesalahan dan akan memerlukan “jalan keluar darurat” diberi tanda dengan jelas untuk meninggalkan status yang tidak diinginkan tanpa harus pergi melalui dialog panjang. Pengguna harus membuat keputusan mereka sendiri (dengan informasi yang jelas) tentang cost keluar dari pekerjaan saat itu. Sistem harus mendukung undo dan redo.

pos komentar
Sistem menunggu user untuk memverifikasi komentar dengan pratinjau (3.4), user dapat membatalkan pos komentarnya (3.8),dan user dapat pula memodifikasi kembali komentarnya dengan link edit (3.16).
 
4. Consistency and standards (Consistency) - Pengguna tidak perlu bertanya-tanya apakah kata-kata, situasi, atau tindakan yang berbeda berarti hal yang sama. Ikuti konvensi platform.


Pada BeliToyota.com, setiap window memiliki title yang berbeda (4.8), dan dapat di-scroll vertikal (4.9)
tab mobil
Sayang sekali menu daftar merek mobil yang seharusnya disusun vertikal dan sesuai abjad, malah disusun horizontal dan diletakkan tepat di bawah menu. Hal ini melanggar butir 4.12

5. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover From Errors (Recovery) – pesan error harus ditampilkan dalam bahasa lugas, bukan kode komputer.
tidak ditemukan
Karena BeliToyota.com adalah bagian dari Blogger, maka pesan errornya adalah default dari Blogger. Kata ‘maaf’ mengimplikasikan pengguna yang memegang kendali (5.3) dan tidak menyalahkan user atas kesalahan yang terjadi (5.5).
 
6. Error Prevention - Bahkan lebih baik dari pesan error yang baik adalah desain yang hati-hati sehingga mencegah masalah terjadi dari awal.
edit profil
Dengan memberikan keterangan letak username pada WordPress (tulisan http://username.wordpress.com pada bagian bawah input box) sistem telah berusaha menghindarkan pengguna dari kesalahan pemasukan data.(6.11)
komentar Input data tidak selalu mensyaratkan case-sensitive (6.5), tetapi tidak ada keterangan tentang jumlah karakter yang telah dimasukkan, ataupun sisa karakter yang tersedia (6.14) sehingga tidak menutup kemungkinan pengguna mendapati pesan error ketika karakter komentar yang dimasukkannya lebih banyak dari yang diperbolehkan.

Berlanjut ke Bagian 3. Anda juga dapat membaca kembali Bagian 1.

5 komentar:

  1. boleh juga analisisnya, cuman yg saya bingung angka dalam kurung ngeliatnya kemana ziz?
    en menurut saya, untuk waktu 1'46" situs tersebut belum maksimal mempersentasikan manfaat yang ditawarkan untuk menginformasikan penjualan toyota. sebaiknya fungsi utamanya yang lebih dipertegas daripada iklan yang dipasang.
    achmad syaiful (g14070085)
    http://achmads07.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus
  2. trima kasih bnyk atas analisa Mas Aziz terhadap blog saya. Sangat berguna sekali utk saya dlm mengevaluasi & memperbaiki tampilan blog.
    Sukses selalu utk Mas Aziz & rekan2...

    Salam,


    Teguh - owner http://www.belitoyota.com/

    BalasHapus
  3. @ipul
    angka-angka dalam kurung itu sebenarnya butir-butir evaluasi heuristik. kalau mau lihat lengkapnya buka ini: http://www.stcsig.org/usability/topics/articles/he-checklist.html
    saya cuma mengambil beberapa butir dari tiap poin.
    mungkin maksud ipul 1'49", ya seperti dikatakan Jakob Nielsen lewat dari waktu tersebut pengguna akan meninggalkan situs, oleh karena itu ipul bisa baca bagian 3 dan bagian 4 dari tulisan ini sudah saya jelaskan di sana.

    @Mas Teguh
    Wah sama-sama Mas Teguh, saya juga berharap tulisan saya bisa membantu Mas memperbaiki tampilan blognya.
    Saya hanya sedang mengerjakan tugas akhir untuk kuliah, jadi kalau analisisnya kurang profesional mohon maaf.
    Terima kasih feedback-nya Mas

    Aziz Rahmad

    BalasHapus
  4. waaaah... justru kehormatan bagi sy Mas.. blog sy Mas Aziz jadikan media penelitian.. hehehe..

    sy pasang link blog Mas Aziz di halaman utama http://www.belitoyota.com ya..

    Trima kasih banyak, dan sukses selalu utk Mas Aziz.

    BalasHapus