Jumat, 25 Juni 2010

Analisis Kebergunaan Web (Web Usability) BeliToyota.com: Bagian 3

Tulisan ini adalah bagian dari tugas akhir Interaksi Manusia-Komputer (IMK). Anda dapat membaca kembali Bagian 1 dan Bagian 2.

Menilai Kebergunaan Web (Lanjutan)

7. Recognition Rather Than Recall - Membuat objek, tindakan, dan pilihan terlihat. User tidak perlu mengingat informasi dari satu bagian dari dialog yang lain. Instruksi untuk penggunaan sistem harus terlihat atau dengan mudah didapatkan kapan pun diperlukan.

image image

Pilihan tombol chat berwarna abu-abu ketika offline (tidak dapat dihubungi) sehingga mudah dikenali (7.10, 7.33).

image

Kontras warna antara teks, gambar, dan latar belakang baik sehingga masing-masing komponen terlihat jelas (7.26)

image

Pada daftar sitemap yang dikelompokkan berdasarkan kategori, halaman-halaman terbaru diberikan label New!! dengan tebal dan miring(7.21) dan juga diberikan empasis dengan mewarnainya lebih terang dari komponen halaman yang lain (7.27).

8. Flexibility and Efficiency of Use- Akselerator- tidak terlihat oleh pengguna awam-seringkali dapat mempercepat interaksi bagi pengguna ahli sedemikian rupa sehingga sistem dapat melayani baik para pengguna yang tidak berpengalaman maupun yang berpengalaman. Menyediakan alternatif akses dan operasi untuk pengguna yang berbeda dari pengguna "rata-rata" (misalnya, kemampuan fisik atau kognitif, budaya, bahasa, dll)

image

Gambar di atas adalah kolom pencarian situs BeliToyota.com. Bagi para pengguna pemula, mungkin setelah mengetikkan kata ke dalam kolom mereka akan mengklik gambar kaca pembesar yang mewakili istilah ‘cari.’ Namun para pengguna yang sudah terbiasa berselancar di dunia maya biasanya setelah mengetikkan kata kunci tertentu langsung saja menekan ‘enter’ di keyboard komputer. Fasilitas pencarian di situs ini mendukung keduanya. Baik mengklik gambar kaca pembesar ataupun menekan ‘enter’ di keyboard, sistem tetap akan membawa pengguna pada halaman hasil pencarian (8.11). Hal ini juga berlaku pada menu. Selain mengklik link atau icon yang bersangkutan, pengguna juga dapat memilihnya dengan menekan tombol tab hingga ke link atau icon yang diinginkan, lalu menekan tombol enter.(8.14)

9. Aesthetic and Minimalist Design - Dialog tidak boleh berisi informasi yang tidak relevan atau jarang dibutuhkan. Setiap unit tambahan informasi dalam dialog akan bersaing dengan unit-unit informasi yang relevan dan mengurangi visibilitas relatifnya.

image

Gambar ini berada di pojok kanan atas halaman situs, tepat di samping judul situs. Gambar tersebut adalah gambar iklan Yaris TRD Sportivo yang dibuat menggunakan Flash sehingga teranimasi. Namun sayangnya gambar tersebut tidak memiliki fungsi lain selain manampilkan gambar. Tidak ada reaksi apapun ketika diklik.

image

Justru informasi mengenai mobil Yaris lebih banyak didapatkan dengan menekan tab Yaris di deretan nama-nama merek Toyota (gambar di atas). Hal ini menunjukkan gambar iklan yang disebutkan terdahulu kurang relevan karena kurang esensial dalam pengambilan keputusan pengguna (9.1). Hal ini juga berlaku pada iklan-iklan yang memenuhi halaman utama (home). Banyak sekali yang tidak relevan, tetapi itu sebenarnya kesalahan dari Google AdSense, bukan dari pengelola situs.

10. Help and Documentation - Meskipun lebih baik jika sistem dapat digunakan tanpa dokumentasi, mungkin perlu untuk memberikan bantuan dan dokumentasi. Setiap informasi tersebut harus mudah dicari, berfokus pada tugas pengguna, daftar langkah konkret untuk dilakukan, dan tidak terlalu besar.

image

Kata-kata ‘testimonial’ mungkin bukan kata yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari, meskipun sempat populer dengan keberadaan situs pertemanan Friendster. Namun dengan adanya tooltip yang muncul ketika kursor didekatkan ke tab maka akan lebih mudah memahami maksudnya (10.4).

Meskipun situs dengan template semacam ini sudah umum, tetapi ada baiknya jika ada halaman khusus tentang bantuan atau FAQ (Frequently Asked Question). Atau setidaknya pada tiap-tiap kolom masukan diberikan keterangan tertentu, misalnya mengapa harus dimasukkan, apa yang terjadi apabila salah memasukkan, dan sebagainya. Sayangnya situs ini tidak memberikan fasilitas semacam itu (10.8)

Berlanjut ke Bagian 4 (Tamat). Atau Anda bisa membaca kembali Bagian 1 dan Bagian 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar