Sabtu, 20 Februari 2010

HavenWorks.com: Contoh Penataan Website yang salah

Postingan ini sengaja dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).
Ketika browsing saya menemukan link ke sebuah situs yang saya akui mungkin salah satu situs web paling membingungkan: HavenWorks.com. Jika anda belum pernah melihatnya silakan dibuka terlebih dahulu. Jika tidak sanggup di sini saya berikan screenshot-nya:

Judul dan Keterangan: Sayang sekali saya telah membocorkan nama situsnya, jika tidak mungkin anda akan kesulitan mencarinya. Jika belum terlihat juga, judulnya ada di kanan atas. Hampir tidak terlihat, mungkin, karena latar tulisannya yang bergambar. Di bawah judul tersebut ada keterangan seperti ini: News Reference Facts Information Sources Intelligence Haven Works !-) . Mungkin orang yang biasa berbahasa Inggris mengerti arti kalimat ini, tetapitanpa koma dan titik, arti sebenarnya kalimat ini masih menjadi misteri. Jadi sebenarnya situs apa ini?
Pewarnaan: Menurut saya warna dalam situs ini tidak mengganggu pengguna untuk membaca tulisan yang ada di atasnya, tetapi jika anda perhatikan situs ini terlalu berwarna-warni. Untung saja warna latar didominasi putih.
Penataan letak: Ya, kali ini anda boleh scroll halaman sedikit ke bawah untuk melihat isi dalam situs ini. Kita dapat melihat ada paragraf-paragraf yang ditata layaknya koran PosKota. Saya ingin menantang anda semua untuk merinci masing-masing komponen dalam situs ini tapi tampaknya hal tersebut terlalu kejam. Anda yang sudah rela meluangkan waktu untuk sedikit mengutak-atik situs ini mungkin tahu bahwa sebagian besar isi situs ini adalah link berita dari situs berita lain. Tapi entah rubrik apa terletak di sebelah mana tidak. Situs ini mungkin memang sumber referensi yang lengkap, tetapi tanpa tatanan yang teratur tampaknya tak ada yang mau membaca. Kecuali kalau isinya semenarik koran PosKota.
Luas Halaman: Lihat betapa kecilnya scroll browser anda pada halaman ini? Hal ini menunjukkan bahwa halaman ini begitu panjangnya sehingga setelah berkali-kali memutar scroll pun mungkin belum ketemu dasar halaman ini. Padahal bagian bawah halaman ini adalah pengkategorian berita. Selain itu ada pula scroll horizontalnya. Ini menandakan bahwa halamannya terlalu lebar. Mengingat halaman yang terlalu lebar sudah tidak populer, tampaknya situs ini akan benar-benar membingungkan, terutama pada kalangan pengguna internet pemula. Ingat bahwa membaca halaman koran dari atas ke bawah dengan men-scroll halaman web dari atas ke bawah adalah dua hal yang berbeda. Anda tahu mana yang lebih mudah.
Penjelasan dan Penekanan: Seperti yang telah dijelaskan di awal, kekaburan judul dan keterangan membuat situs ini tidak jelas maksudnya. Hal ini diperburuk pula dengan tak adanya penjelasan lain. Tidak adanya halaman khusus untuk home atau rubrik tertentu adalah faktor utamanya, sehingga situs ini tanpa penjelasan dan basa-basi langsung ke inti permasalahan. Selain itu tidak adanya penekanan pada bagian tertentu membuat situs ini makin terlihat acak-acakan. Pembaca tidak tahu harus memulai dari mana.

Kesimpulan
Beberapa kekurangan yang disebutkan di sini bukan diketik untuk merendahkan suatu situs atau maksud buruk lain apapun, tetapi agar ada perbaikan demi perbaikan sehingga situs ini dapat digunakan dengan cara yang lebih baik dan lebih mudah.

2 komentar:

  1. Bener2 situs yang menjengkelkan bos..

    Mungkin isi web nya bermanfaat, tapi kalo penataan interfacenya kaya gitu, ya sepertinya 9 dari 10 pengunjung web tersebut akan muntah2 muntah2 karena pusing ketika lihat interface awalnya....hahaha...:D

    Tapi gk tau juga klo itulah yang menjadi daya tarik terhadap web tersebut...

    BalasHapus
  2. Wah... benar2 pusing nih kalo buka situs ini. Isinya terlalu banyak pada satu halaman dan penataannya juga kurang menyenangkan......

    BalasHapus